Rabu, 05 Januari 2011

BIOLOGI PERIKANAN

ANATOMI IKAN

Ilmu Biologi Perikanan merupakan salah satu ilmu yang mendasari ilmu-ilmu perikanan tangkap lainnya seperti Metode Penangkapan Ikan, Penanganan Ikan serta ilmu lainnya. Oleh karena itu ilmu Biologi Perikanan ini sangat penting. Ibaratnya kita ingin makan, tetapi tidak tahu apa yang akan dimakan. Ilmu Biologi perikanan juga seperti itu, kita ingin menangkap ikan tetapi tidak tau ikan apa yang akan ditangkap. Tujuan dari pada mempelajari Biologi Perikanan ini adalah agar kita mengetahui pembagian daerah perairan berdasarkan kedalaman yaitu antara lain pelagic, mid water dan demersal serta pembagian berdasarkan kriteria yang lain. Selain itu tentang anatomi dan fisiologi ikan juga patut kita pelajari. Dan yang paling penting adalah kita mengetahui jenis ikan ekonomis penting serta penyebarannya di perairan.
 
PEMBAGIAN DAERAH PERAIRAN
Daerah perairan dapat dibagi menjadi beberapa zona seperti yang terlihat pada gambar 01. Beberapa istilah yang terdapat pada gambar yaitu : a. Supralithoral yaitu dasar perairan yang selalu dalam keadaan basah karena adanya hempasan ombak yg datang/pergi. b. Sub lithoral yaitu daerah pasang surut sampai kedalaman ± 20 m. c. Eu-lithoral yaitu bagian dasar perairan dihitung dari garis surut sampai kedalaman ± 200 m.

Biologi Perikanan

Ichtyologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ikan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal itu.
Ikan termasuk hewan vertebrata, hidup di air, bernafas dengan insang, bergerak dengan sirip, berlendir dan berdarah dingin. Ikan berdarah dingin artinya bahwa ikan dapat dengan mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Ikan merupakan sumber protein hewani yang dapat dimanfaatkan bagi organisme lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dinamika kehidupan ikan sangat kompleks, dimana bisa hidup dilaut yang kedalamannya lebih dari 100 meter, tetapi ada juga ikan-ikan yang hidup di danau-danau yang terletak pada ketinggian lebih dari 100 meter diatas permukaan air laut.


Penggolongan ikan menurut tempat hidupnya :

1. Ikan Demersal yaitu ikan yang hidupnya didasar atau dekat dasar perairan. Contohnya : ikan sebelah (pihi), ikan kepala busuk (bloso), ikan pari, ikan lele dll.

2. Ikan Pelagis yaitu ikan yang hidupnya diperairan antara lepas dasar sampai permukaan perairan. Contohnya : ikan layang, ikan lemuru, ikan tongkol, ikan tengiri, ikan kembung dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar